TIPS SUKSES BEASISWA KE EROPA

1. Teguhkan Niat

Orang bilang mulailah dari niat. Untuk memperkuat niat, bayangkan hasil akhir yang bisa kamu capai. Mau ke Eropa? Bayangkan misalnya melihat Bradenburg Gate di Berlin (foto di atas) dengan mata kepala sendiri atau naik Menara Eiffel di Paris. Bayangkan kamu bertemu banyak orang baru dan sekelas dengan teman-teman dari berbagai penjuru dunia. Belajar sesuatu yang baru di tempat yang baru. Dengan membayangkan apa yang kamu akan raih ketika mendapatkan beasiswa Erasmus Mundus, niat kamu untuk mendaftar bisa lebih kuat. Niat yang teguh adalah modal utama dalam perjuangan berburu beasiswa. Kamu bisa menonton video pengalaman alumni Erasmus Mundus dari Indonesia yang bisa memberi inspirasi.

2. Teliti

Banyak pertanyaan di milis atau forum beasiswa yang menunjukkan ketidaktelitian penanya. Misalnya pertanyaan TOEFL internasional dibutuhkan/tidak, berapa nilai TOEFL minimal, apakah butuh surat rekomendasi dari atasan ketika sudah bekerja dll. Informasi yang dicantumkan dalam prosedur pendaftaran di website resmi suatu program Erasmus Mundus seharusnya sudah cukup. Persyaratannya tinggal diikuti, tidak boleh kurang (dilarang tawar-menawar :D ), kalau lebih boleh asal relevan. Teliti dalam membaca dan melengkapi persyaratan pendaftaran akan menempatkan peluang kamu di atas sebagian pendaftar lain.

3. Inisiatif

Dari yang saya tahu, orang-orang yang berhasil mendapatkan beasiswa memulai dengan inisiatif sendiri. Sekali lagi, banyak yang “asal bertanya” di website atau forum/milis beasiswa. Permintaan seperti “saya tertarik mendapatkan info beasiswa A, mohon bantuannya”, atau malah sejenis “doakan saya untuk diterima beasiswa X” menunjukkan inisiatif yang kurang. Yang lebih baik adalah sang penanya/peminta informasi mencantumkan apa-apa yang sudah dia lakukan baru cerita bahwa dia mengalami hambatan atau tidak jelas terhadap sesuatu dan sekarang bertanya atau minta tolong. Banyak orang akan membantu dengan senang hati jika kamu menunjukkan hasil usahamu sendiri. Ujung-ujungnya, inisiatif akan membuat kamu lebih unggul daripada sejumlah besar orang yang “hanya” bisa meminta bantuan.

Percaya Diri itu Penting

4. Percaya Diri

Coba lihat dari sudut pandang pemberi beasiswa, mereka mencari orang-orang unggul berkemampuan tinggi. Apakah kamu yakin bahwa dirimu berkemampuan tinggi? Kalau kamu saja tidak yakin, bagaimana kamu bisa meyakinkan pemberi beasiswa bahwa kamu orang yang tepat untuk beasiswa ini? Percaya diri adalah kunci penting dalam mendaftar beasiswa. Kepercayaan diri yang tinggi yang dituangkan dalam CV dan motivation letter yang “menjual” akan menempatkan kamu sebagai “top choice” untuk diberi beasiswa.

5. Komitmen

Mendaftar beasiswa bukan hal yang instan. Dengan berbagai persyaratan yang harus dipenuhi, komitmen yang kuat harus dimiliki. Sediakan tenaga, pikiran, uang, dan waktu untuk mengurusi segala sesuatu yang berkaitan dengan pendaftaran. Merasa capek, jenuh, bosan? Lihat nomor 1, ingat niatmu lagi sambil bayangkan hasil akhir yang akan kamu raih nanti jika berhasil. Tetap semangat!

Bonus: Lingkungan yang Mendukung

Cari orang-orang yang bertujuan sama/mirip. Dengan saling menyemangati dan sedikit kompetisi, kamu akan lebih terpacu dalam mendaftar. Kamu bisa memperkenalkan diri di Forum Introduction (kamu harus register/login untuk memulai thread baru di Forum) untuk kemudian bertukar informasi.

Tips di atas memang sangat umum, tapi mungkin karena itu malah banyak yang “lupa” dan melewatkan hal-hal sederhana tapi penting tersebut.

dikutip dari : http://indoem.info/5-tips-sukses-beasiswa-erasmus-mundus/

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s